Landasan Teori

Bola voli dimainkan oleh 6 orang setiap regunya. Bola voli diciptakan oleh William. G. Morgan pada tahun 1895. Beliau adalah seorang guru pendidikan jasmani. Ukuran lapangannya adalah; panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Dengan tiang net di garis tengah. Tinggi net putra 2,44 meter dan untuk putri 2,24 meter. Pemain terdiri dari 6 orang yang berdiri di depan garis serang 3 dan yang berdiri di belakang garis serang 3. Sedangkan menurut Midgley (1996 : 149) bola voli adalah suatu permainan dengan 6 orang pemain pada sisinya. Yang menjadi sasaran adalah mengirimkan bola di atas net dan di dalam batas-batas lapangan, sampai lawan tidak mampu mengembalikan bola atau mencegahnya agar jangan jatuh ke tanah.

Gambar. 1. Posisi pemain dalam permainan bola voli
2             1



3              6



4             5



Ket;

1 = pemain no 1

2 = pemain no 2

3 = pemain no 3

4 = pemain no 4

5 = pemain no 5

6 = pemain no 6


Dari gambar di atas dapat dijelaskan bahwa posisi pemain bola voli terbagi menjadi  3  pemain  depan  dan  tiga  pemain  belakang.  3  pemain  belakang diperbolehkan melakukan pukulan serang sambil meloncat di daerah tiga meter area serangan. Tiga pemain di belakang bertugas menerima serangan, tidak boleh melakukan serangan dengan meloncat di daerah garis serang 3 mater.

Posisi pemain no 2 dan 4 adalah spiker dan no 3 adalah pengumpan. Posisi pemain no 1, 6, dan 5 adalah sebagai penerima bola ketika bola dari lawan American Sport Education Program (2007). Kemudian menurut Blume (2004:2) menyatakan bahwa :
”permainan bola voli adalah suatu permainan untuk waktu senggang dan pertandingan. Permainan bola voli merupakan suatu permainan regu yang sangat menarik dan termasuk ke dalam kelompok permainan menyerang dan bertahan. Sama juga dengan permainan-permainan yang lain, permainan bola voli mempunyai karakter-karakter tertentu dan dimainkan oleh dua regu yang berlawanan”



Dari pendapat dapat disimpulkan bahwa bola voli merupakan permainan kelompok yang membutuhkan suatu kerjasama untuk memperoleh kemenangan. Permainan ini juga memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh pemainnya agar kemenangan diperolah ketika bermain.

2. Teknik Dasar Bola Voli


Menurut Sarumpaet dkk teknik dasar dalam bola voli (1992 : 87) adalah ”suatu proses melahirkan dan pembuktian dalam praktek dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam permainan bola voli, teknik-teknik ini terdiri dari (1) passing atas, (2) passing bawah, (3) set-up atau umpan, (4) servis, (5) smash, dan (6) blok atau bendungan”. Kemudian menurut Bachtiar, (1999:4) teknik dasar bola voli terdiri atas; .servis, passing bawah, passing atas, smash dan blocking. Kemudian menurut American Sport Education Program (2007: 82-110), bahwa teknik dasar dalam permainan bola voli terdiri dari; passing, servis, spike, dan blok.

Teknik dasar bola voli merupakan komponen mendasar yang harus dikuasai agar dapat bermain bola voli. Teknik dasar bermain bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efektif dan efisien sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai satu hasil optimal. Hal ini sesuai dengan pendapat M. Yunus ( 1992 : 68 ) bahwa, “ Teknik adalah cara melakukan atau melaksanakan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efektif dan efisien sesuai dengan perturan permainan yang berlaku untuk mencapai hasil yang optimal “. Berdasarkan pendapat tersebut menunjukan bahwa, teknik dasar bola voli merupakan bentuk - bentuk latihan gerakan dalam permainan bola voli. Gerakan - gerakan teknik dasar dalam permainan bola voli berupa gerakan - gerakan tanpa bola dan gerakan - gerakan dengan bola atau cara - cara memainkan bola. Teknik yang dikembangkan dalam permainan bola voli harus mempunyai teknik gerakan yang efektif dan efisien berdasarkan hukum - hukum gerak yang benar. Teknik yang dikembangkan juga harus mengacu pada peraturan permainan bola voli, Menurut Soedarwo, Sunardi, Agus Margono (1997:7) adalah sebagai berikut:
1)      Passing
a) Teknik pass atas
b) Teknik pass bawah
c) Set up / umpan
2)      Smash
a) Smash normal
b) Semi smash
c) Push smash
3)      Servis
a) Servis tangan bawah
b) Servis tangan atas
(1) Teknik Servis
(2) Floating
(3) Cekis
4)      Block / Bendungan
a) Block tunggal
b) Block ganda


Passing adalah tindakan mendapatkan bola dan mengoperkannya ke teman. Servis adalah pukulan serangan pertama. Spike adalah pukulan serangan yang tajam menuju ke lapangan lawan. Blok adalah teknik menghadang spike dengan kedua tangan. Dari beberapa pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik dasar dalam permainan bola voli terdiri dari empat teknik dasar, yaitu; 1. Passing, 2. Servis, 3. Spike, 3. Blok. Afektif dan hasil bermain bola voli dapat dicapai jika teknik dasar tersebut dikuasai dengan benar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama