Menentukan Kalimat Utama


1.      Hatta dan Drajad adalah dua pribadi dengan latar belakang  yang berbeda. Hatta adalah praktisi, sedangkan Drajad adalah intelektual. Hatta kompromistis, Drajad kritis. Dengan demikian, cara penuangan nilai-nilai idealisme mereka kadang-kadang berbeda.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
  1. perbedaan pribadi Hatta dan Drajad
  2. latar belakang kepribadian Hatta
  3. latar belakang kepribadian Drajad
  4. nilai-nilai idealisme Hatta dan Drajat

2.      (1)   Berbagai pihak mulai sibuk menyongsong Ujian Nasional SMP 2010. (2) Salah satunya adalah kesibukan Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan kegiatan Pendalaman Materi UN bagi Tim Pengembang Kurikulum. (3) Dinas Pendidikan di daerah-daerah juga sibuk melakukan sosialisasi ke satuan pendidikan tentang pelaksanaan UN yang akan dilaksanakan akhir Maret . (4) Begitu juga, sekolah-sekolah mulai giat mengadakan kegiatan belajar tambahan untuk siswa kelas IX.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
  1. (1)                               
  2. (2)                               
  3. (3)
  4. (4)

3.      Akibat terlambatnya pasokan BBM dari Pertamina, kerepotan masyarakat seputar bahan bakar terus berlangsung. Kelangkaan premium dan pertamax di stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) sejak sebulan lalu kian meluas. Tidak hanya di Surakarta dan sekitarnya, kondisi itu kian meluas ke beberapa wilayah di Tanah Air. Sejauh pemantauan penulis, solar pun mulai menghilang. Pengumuman “Premium Habis” atau “Bensin Habis” banyak dijumpai di sejumlah SPBU. Akibatnya, terjadi antrean kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar.
Kritik yang tepat terhadap pihak Pertamina sesuai dengan teks berita di atas adalah...
  1. Sebaiknya Pertamina menjaga komitmennya untuk menjamin kelancaran pasokan BBM sehingga tidak meresahkan warga.
  2. Dalam urusan distribusi, keterlambatan pasokan merupakan hal yang sudah biasa karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.
  3. Masyarakat sebaiknya bisa memaklumi terlambatnya pasokan BBM dan tetap bersabar serta tidak menyalahkan Pertamina.
  4. Sebagai badan usaha milik negara, Pertamina harus bertanggung jawab terhadap kekacauan dalam pasokan bahan bakar minyak (BBM).

4.      Senin (16/1) tadi pagi bus penumpang dari Medan – Banda Aceh masuk paret di wilayah  Saree.  Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya ban depan sehingga  bus menabrak pengaman jalan  dan  masuk parit. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.Karena benturan bus tidak begitu kuat. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Organda Cabang Banda Aceh menuturkan, penyebab pasti kecelakaan itu ada beberapa kemungkinan, antara lain faktor Bus, pemasangan ban depan, dan  faktor teknis lainnya.
 Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
  1. Bus penumpang Banda Aceh   mengalami kecelakaan pada hari Senin yang telah menimbulkan korban jiwa akibat ban depannya lepas.
  2. Kecelakaan telah terjadi pada bus penumpang sehingga masuk parit  dan tidak menimbulkan korban jiwa di wilayah Saree.
  3. Bus penumpang telah mengalami kecelakaan pada hari Senin di Sare akibat terlepasnya ban depan  dan tidak ada korban jiwa.
  4. Pada hari Senin Bus penumpang dari Banda Aceh-Medan mengalami  kecelakaan di Saree akibat terlepasnya ban depan  dan tidak ada korban jiwa.

5.      (1) Setiap kali musim hujan, kota Banda Aceh selalu banjir.( 2) Banjir yang terjadi merusak 100 rumah. (3) Seandainya masyarakat kota tidak membuang sampah sembarangan, hal ini tidak akan terjadi. (4) Sebenarnya anjuran tidak membuang sampah sembarangan ini sudah lama didengung-dengungkan pemerintah kota Banda Aceh tetapi tampaknya berlalu begitu saja.
 Kalimat yang berisi pendapat dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
a.   (1) dan (3)                                                    
b.      (2) dan (3)                                                   
c.       (1) dan (4)
d.      (3) dan (4)

6.      Peristiwa besar tidak pernah berhenti di negeri kita. Gempa di Sumatera Barat berganti dengan kasus Bank Century. Kehebohan tentang bank yang konon melibatkan  pejabat teras negeri ini masih bergulir, disusul pula dengan kasus Prita Mulyasari. Lalu, bangsa kita dirundung duka. K.H. Abdurrahman Wahid  atau Gus Dur meninggalkan kita ketika bangsa ini dikepung beragam persoalan yang pelik. Oleh karena itu, sudah saatnya kita merenung dan kembali pada ajaran-Nya.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
  1. Bangsa kita tidak pernah berhenti dari persoalan besar sehingga kita perlu merenung dan kembali pada ajaran-Nya.
  2. Berbagai peristiwa besar mewarnai kehidupan bangsa kita seperti gempa, kasus bank, kasus Prita Mulyasari hingga wafatnya Gus Dur.
  3. Berbagai peristiwa duka menimpa bangsa kita, kini saatnya kita merenung dan kembali pada ajaran-Nya.
  4. Peristiwa duka tidak pernah berhenti menimpa bangsa kita, dari gempa hingga Gus Dur wafat.

7.      Satu lagi budaya Indonesia yang dicuri Malaysia yaitu tari pendet. Tari pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya. Manuver ini menambah panjang daftar pencaplokan budaya Indonesia. Sebelumnya, negeri serumpun itu mengakui lagu “Rasa Sayange”, batik, musik angklung, dan reog Ponorogo sebagai budayanya. Kita marah dan menuntut Malaysia menyampaikan permohonan maaf serta menarik kembali iklan itu.
Ketika kasus tari pendet ramai dipersoalkan Indonesia, seorang produser iklan pariwisata Malaysia dengan enteng menjawab,"Tidak ada salahnya kami mempromosikan tarian Indonesia. Karena tema yang kami angkat adalah The Truly Asia." Akan tetapi, si produser itu lupa bahwa triknya terlalu mudah dibaca. Penjelasan tentang tari pendet berasal dari Indonesia tidak ada di bawah iklan.
Kita sebagai bangsa besar dengan kekayaan budaya tiada tara boleh saja kesal dan marah, tetapi itu semua tidak menyelesaikan masalah. Besok atau lusa, hanya soal waktu, Malaysia akan mengklaim lagi budaya Indonesia sebagai budayanya. Jika Indonesia ribut, mereka tinggal melayangkan permohonan maaf. Yang penting, citra sebagai The Trully Asia sudah terbentuk.
Indonesia harus menyikapi pengakuan tari pendet oleh Malaysia dengan serius, sistematis, dan komprehensif. Pariwisata harus dikelola dengan lebih gencar, memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki, terutama kekayaan budaya. Tiada guna kita berang terhadap ulah si Trully Asia tanpa langkah nyata untuk membangun martabat bangsa.
Gagasan utama tajuk tersebut adalah ....
  1. Indonesia kurang  serius  dalam menyikapi pendakuan Malaysia terhadap tari pendet.
  2. Malaysia mendaku lagu Rasa Sayange, batik, musik  angklung, dan reog Ponorogo
  3. Keributan Indonesia ketika Malaysia dengan enteng meminta maaf kepada Indonesia
  4. Kita adalah bangsa yang besar dengan kekayaan yang tiada tara boleh marah

8.      Simpulan isi tajuk tersebut adalah...
  1. Malaysia telah membuat marah rakyat Indonesia karena telah beberapa kali mencuri budaya Indonesia.
  2. Indonesia hanya bisa ribut ketika Malaysia dengan enteng meminta maaf melalui surat kepada Indonesia.
  3. Sebagai bangsa yang besar dengan kekayaan yang tiada tara, tidak boleh kesal dan marah terhadap bangsa Malaysia.
  4. Pengakuan Malaysia terhadap tari pendet  perlu disikapi Indonesia secara serius, sistematis, dan komprehensif.

9.      Cermatilah tabel berikut!
Harga Sembako Di Empat Kota
 Sembako
Pusat Pasar
Medan
(Rp/Kg)
Pasar Beringharjo
Yogyakarta
(Rp/Kg)
Pusat Pasar
Pekanbaru
(Rp/Kg)
Pasar Legi
Solo
(Rp/Kg)
Beras Aries
6.000,00
7.000,00
8.500,00
6.500,00
Minyak Goreng
7.000,00
7.500,00
8.500,00
7.800,00
Cabe Merah
12.000,00
12.000,00
17.500,00
13.500,00
Gula Pasir
7.000,00
7.300,00
8.000,00
7.500,00
Tepung Terigu
15.000,00
16.000,00
17.000,00
15.500,00

Pertanyaan yang jawabannya paling sesuai dengan tabel tersebut adalah ...
  1. Berapakah selisih harga cabe merah di Medan dengan di Yogyakarta?
  2. Di kota manakah harga sembako yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota lainnya?
  3. Berapa kali lipatkah harga sembako lebih tinggi di Pekanbaru dibandingkan dengan Solo?
  4. Mengapa harga tepung terigu lebih tinggi di Yogyakarta?

10.  Bacalah teks berikut!
(1) Sirsak adalah salah satu tanaman obat terbaik yang pernah ditemukan dari hasil penelitian. (2) Sampai-sampai hasil penelitiannya pun kadang dirahasiakan untuk kepentingan industri. (3) Khasiat sirsak ternyata tidak hanya terdapat di daunnya, tetapi buah dan kulitnya pun mempunyai manfaat untuk pengobatan kanker. (4) Kita cukup langsung makan buahnya saja untuk mendapatkan manfaat dari sirsak.

Kalimat utama
 pada teks tersebut terdapat pada nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

11.  Bacalah teks berikut!
(1) Bayam salah satu sayuran yang banyak mengandung zat besi. (2) Bayam biasanya ditanam untuk dikonsumsi daunnya. (3) Tumbuhan ini berasal dari Amerika. (4) Nama Latin dari bayam adalah Amaranthus sp.

Kalimat utama  tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

12.   Bacalah teks berikut!
(1) Kebiasaan minum jus buah segar mampu menekan beragam penyakit. (2) Penyakit yang mampu ditekan dia antaranya jantung, stroke, diabetes, dan kanker. (3) Dengan minum jus secara rutin seseorang akan terhindar dari risiko terserang penyakit. (4) Hal ini dimungkinkan karena buah segar menyimpan berbagai vitamin.

Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

13.  Bacalah paragraf berikut!
(1) Obesitas yang mewabah di Amerika Serikat mulai menjangkiti Indonesia. (2) Tanpa kenal batasan kelas sosial jumlah obesitas terus meningkat. (3) Masalah yang disekat-sekat sebagai penyakit gaya hidup ini. (4) Penyebab utamanya adalah pola makan yang tidak teratur.

Kalimat utama paragraf 
tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

14.  Bacalah paragraf berikut!
(1) Salah satu persaingan industri bahan bangunan ada di produksi cat. (2) Pasalnya, pasar cat di Indonesia cukup besar. (3) Berdasarkan data dari Asosiasi Produsen Cat Indonesia (APCT) dan survei Mars Indonesia, nilai pasar cat Indonesia terus meningkat dalam empat tahun belakangan. (4) Nilai pasar cat berturut-turut dari 2010 mengalami peningkatan, yakni Rp10,47 triliun (2010), Rp11,84 triliun (2011), Rp12,57 triliun (2012), dan Rp13,8 triliun (2013).

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

15.  Perayaan Tahun Baru yang berlangsung meriah di Jakarta meninggalkan sejumlah persoalan. (2) Satu di antara persoalan tersebut adalah rusaknya sejumlah taman kota di Jakarta. (3) Kerusakan taman ini seperti terlihat di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta. (4) Hampir semua tanaman hias yang berada di area tersebut rusak akibat terinjak-injak ribuan pengunjung.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

16.  (1) Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2) Mesin buatan Amerika Serikat itu diduga diproduksi pada tahun1952. (3) Bangkai pesawat yang sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan, ekor, dan tiga roda. (4) Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

17.  (1) Mengenang pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara, sudah sewajarnya kita lakukan, sebab tanpa mereka itu kita yang hidup di zaman ini tidak mungkin mengisi kemerdekaan. (2) Tugas kita mengisi kemerdekaan itu sesuai profesi kita masing-masing sebagai pelajar. (3) Semangat juang para pahlawan bangsa itu, hendaknya dijabarkan menjadi kerja keras belajar meraih cita-cita. (4) Adalah keliru apabila kita terlena dan hanya berhura-hura saja.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

18.  Manusia harus dapat memelihara dan menyelaraskan hubungan antara sesamanya. Kehidupan kita tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Lingkungan alam sekitar saling bergantungan. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.
Kalimat topik paragraf tersebut tercermin pada kalimat . . . .
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. Keempat

19.  (1) Salah satu peralatan dalam berkendaraan yang penting adalah helm. (2) Para pengendara seringkali kurang memperhatikan hal itu. (3) Mereka kurang memperhatikan bahwa kenyamanan dan keselamatan dalam berkendaraan juga ditentukan oleh pamakaian helm. (4) Oleh karena itu, para pengendara perlu memperhatikan pemakaian helm standar untuk menjaga keselamatan pengendara.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor....
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)

20.  Pulau Lombok saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata utama  Indonesia. Keindahan Pulau Lombok tiada duanya di Indonesia. Sebagai salah satu dari dua pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pulau Lombok memiliki beragam kelebihan. Keramahan masyarakat Sasak, keindahan pantainya, terumbu karang, dan kekayaan hayati yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri. Kemegahan Gunung Rinjani serta keunikan budaya sasak banyak mengundang decak kagum wisatawan dalam dan luar negeri.
Gagasan utama paragraf  tersebut adalah …..
  1. a.       kemegahan Gunung Rinjani dan berbagai keunikannya
  2. b.      posisi Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat
  3. c.       Pulau Lombok sebagai destinasi wisata utama di Indonesia
  4. d.      beragam keindahan yang dimiliki Pulau Lombok


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama